Selasa, 01 Februari 2011

Membuat Link Pada Blog

Membuat Link pada blog adalah kebutuhan pada saat kita memposting. Link adalah tautan dimana kita mengarahkan teks atau gambar dalam posting untuk menuju ke satu tujuan yang kita arahkan. Dalam posting mungkin kita akan menautkan postingan kita menuju satu lokasi yang kita arahkan. Misal kita ingin mengarahkan isi postingan kita yang berisi tentang informasi software yang kita ikuti dari blog atau website lain, untuk mengajak pembaca menuju blog atau website tadi kita mengarahkan teks tertentu dalam postingan kita untuk menuju pada blog atau web yang kita arahkan jika pembaca mengklik teks tertentu yang kita tandai. Atau Anda juga bisa mengarahkan teks untuk mendownload file dari link download file hosting Anda. 

File hosting sendiri adalah tempat penyimpanan file yang disediakan oleh situs tertentu yang dapat diakses dari mana saja. Ada beberapa contoh free file hosting yang dapat Anda gunakan secara cuma-cuma. Misal ziddu, 4shared, mediafire dan sebagainya. Untuk dapat menggunakan layanan penyimpan data atau file cukup dengan mendaftar di salah satu situs yang menyediakan layanan file hosting. Jika kita kita mengupload file nantinya kita akan diberikan link file kita untuk bisa diakses oleh siapapun.

Kembali kepada topik membuat link pada blog. Misal kita akan membuat link seperti dibawah ini :
" Untuk informasi lebih lengkap mengenai software yang satu ini silakan klik dini."
Pada tulisan "silakan klik disini" kita blok kemudian klik ikon "LINK" dan masukkan alamat url blog atau website yang kita tuju.




Kemudian untuk membuat tautan terbuka dengan tab baru tambahkan kode target=_blank" dibelakang alamat url yang kita masukkan tadi. Caranya dengan klik Edit HTML pada menu posting blog Anda lalu cari kode alamat url tadi dan tambahkan kode target=_blank" dibelakang alamat sebelum tanda >. Misal Anda membuat link seperti ini : "klik disini"

Kode yang muncul di format HTML posting Anda seperti ini :
<a href="http://araya19.blogspot.com/"><b style="color: blue;">klik disini.</b>

Setelah kita tambahkan jadi seperti ini :
<a href="http://araya19.blogspot.com/"target=_blank"><b style="color: blue;">klik disini.</b>

Perhatikan tulisan yang berwarna biru.

Membuat link pada blog terbuka dengan tab baru penting dilakukan. Tujuannya agar pada saat pembaca atau pengunjung  mengklik teks yang kita tautkan terbuka dengan tab baru. Jika Anda tidak membuatnya maka halaman blog Anda akan tertimpa dengan tautan atau link yang Anda buat tadi. Atau dengan kata lain halaman blog Anda akan hilang dan berganti dengan halaman baru yang kita tautkan. Bayangkan jika Anda membuat banyak tautan atau link di blog Anda. Tentunya akan menyulitkan pembaca untuk membuka tautan lainnya di posting blog Anda karena harus kembali ke halaman blog Anda.

Agar lebih mudah untuk memasukkan kode untuk membuka tab baru pada link yang perlu diperhatikan adalah alamat url yang Anda masukkan pada anchor text. Untuk praktisnya ketika anda masuk pada Edit HTML posting Anda cari saja kode yang berisi url yang Anda tautkan pada teks dan tambahkan target=_blank" disetiap kode tautan sebelum tanda >. Mudah bukan?

Well, selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar